Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HASIL RAPAT BENDAHARA BOS JEMBRANA TERKAIT SIMDA TERINTEGRASI

    Hari ini, Sabtu 7 September 2019, seluruh Bendahara BOS SD dan SMP di kumpulkan di Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana secara bergantian. Bendahara SMP dikumpul mulai pukul 09.00 Wita dan Bendahara SD mulai pukul 13.00 Wita. 
    Para Bendaharawan Berkumpul di Lobi Dinas Dikpora
    Tujuan pengumpulan ini adalah untuk memberikan penjelasan terkait penginputan RKA Simda Terintegrasi. Simda Terintegrasi merupakan sebuah inovasi dalam mengelola keuangan daerah, sehingga lebih tertata dan by sistem. Namun karena baru, tentu banyak mengalami kendala. Kendala yang dihadapi seperti belum lengkapnya kode barang pada sistem Simda dan Pagu anggaran yang mengalami perubahan.
    Para Bendahara Menunggu Giliran Masuk Ruangan
    Permasalahan ini menjadi topik hangat pembicaraan para bendahara di luar ruangan. Memang tidak semua bendahara dapat masuk ke ruangan, karena keterbatasan tempat. Merekapun harus berdesak-desak dan ada juga yang memilih untuk menunggu giliran dengan duduk diluar gedung.
    Para Bendahara Menunggu di Luar Gedung
    Para bendahara yang sudah menerima penjelasan, langsung action bekerja agar RKA dapat segera diinput.
    Bendahara BOS SD Langsung Action bekerja
    Pada akhirnya, untuk efisiensi pihak dinas pendidikan meminta koordinator setiap kecamatan untuk masuk dan menerima penjelasan. Para koordinator ini kemudian diminta untuk menyampaikan kepada teman-teman bendahara di kecamatannya.

    Hasil koordinasinya yaitu:
    • Bendahara BOS yang sudah menginput pembelanjaan di Simda Terintegrasi, dimohon untuk menghapusnya, karena kita akan menginput belanja gelondongan.
    • Pagu yang digunakan adalah pagu terbaru. Walaupun jumlah siswanya berbeda. Tapi itulah yang ada pada anggaran dinas. Jadi dimohon permaklumannya.
    • Belanja pegawai tidak boleh melewati 15%. Tapi 15% itu boleh diambil dari persentase jumlah siswa riil. (Agar tidak menurunkan honor guru abdi, karena pagu lebih kecil dari pagu sebenarnya)
    • Sebisa mungkin lakukan pergeseran di barang dan jasa.
    • Data dituangkan dalam bentuk excel (unduh contoh)

    Lemah, letih, dan lesu mewarnai hati kami hari ini. Namun kami tetap semangat walau berat untuk menjalani tugas ini. "Demi Jembrana". Semoga kedepannya Simda Terintegrasi menjadi lebih sempurna sehingga dapat mempermudah bendahara dapat membuat anggaran maupun dalam membuat laporan.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "HASIL RAPAT BENDAHARA BOS JEMBRANA TERKAIT SIMDA TERINTEGRASI"