Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Pembaharuan Dapodik Versi 2020

    Materi Sosialisasi Pembaharuan Dapodik 2020
    Peserta Sosialisasi Pembaharuan Dapodik 2020
    Pada hari ini, Senin 9 September 2019, saya menggantikan Operator sekolah saya yang sedang sakit untuk mengikuti sosialisasi tentang Pembaharuan Aplikasi Dapodik 2020. Sosialisasi dimulai pukul 13.00 Wita yang dibuka oleh Bapak Pengawas, Drs. I Ketut Sumantra, M. Pd dan didampingi oleh Bapak Korwil IGA Windana, S. Pd. SD, M. Pd.

    Bapak Pengawas  Membuka Acara
    Setelah dibuka, Bapak Agus Yana kemudian memulai Sosialisasi dengan memberikan kuis berbasis Kahoot. Kuis ini sontak memberikan warna baru dan menghangatkan suasana rapat. Apalagi ketika, Pak Agus memberikan stimulus, "Bagi nilai tertinggi, akan mendapatkan hadiah." Semua peserta semangat untuk login ke aplikasi atau web kahoo.it. 
    Pak Agus Yana Memandu Kuis Kahoot
    Namun tak semua berjalan lancar, dari 94 peserta yang seharusnya hadir, hanya 30-an peserta yang berhasil login. Hal ini terjadi karena beberapa hal, misalnya tidak bawa HP, tidak ada koneksi internet, atau susah login karena belum terbiasa dengan game ini.

    Soal kuis terkait dengan aplikasi dapodik versi 2020 yang seharusnya sudah diketahui oleh semua operator. Namun masih banyak yang salah dalam menjawab, termasuk saya, hehehe. Maklum saya sudah tidak full menjadi operator, hanya mendampingi operator baru yang sudah mulai pintar.

    Pemberian Hadiah Kepada Nilai Tertinggi
    Setelah selesai Kuis, Pak Agus Yana memulai sosialisasi Pembaharuan Dapodik 2020. Ternyata terdapat banyak pembaharuan pada Dapodik versi ini, misalnya:
    1. Status penerimaan Dana BOS untuk sekolah negeri yang sudah di setting Ya.
    2. Data rinci sekolah ditambah data pendidikan keluarga bagi sekolah yang melaksanakan Parenting.
    3. Pemecahan formulir Sarpras
    4. Penambahan menu Input NIK Peserta Didik
    5. Penambahan menu input NUKS (Nomor Unik kepala Sekolah) 
    6. Penambahan menu lingkar kepala peserta didik, dll.
    Untuk lebih lengkap dan jelas tentang pembaharuan dapodik 2020, temen-temen Operator dapat mengunduh materi Sosialisasi Aplikasi Dapodik 2020 disini. Apabila ada yang belum dipahami, dapat datang ke Dinas Dikpora untuk bertemu langsung dengan Pak Agus Yana.

    Demikian kegiatan saya hari ini, semoga dapat bermanfaat.
    Salam Literasi.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Daftar Pembaharuan Dapodik Versi 2020"