Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Meeting Zoom Melalui HP Android

Aplikasi Zoom dewasa ini menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh guru dan siswa dalam mendukung pembelajaran jarang jauh. Namun, tak sedikit guru yang masing bingung dalam membuat jadwal meeting atau pertemuan tatap muka secara virtual. 

Nah, bagaimana caranya kita membuat meeting atau jadwalnya?
ikuti langkah-langkah berikut.

Buka Aplikasi Zoom di HP Androidnya.

Tampilan Awal ketika membuka aplikasi Zoom di Android
Pada tampilan di atas, sudah terdapat beberapa menu. Kita bahas satu-satu:
1. New Meeting: berfungsi untung membuat meeting baru. Jika ingin membuat meeting dengan segera, artinya mendadak dan tidak terjadwal, dapat menggunakan  menu ini. Caranya tinggal di klik saja, maka akan keluar menu berikut.
Vidio On dapat diaktifkan, jika ingin memulai meeting dengan mengaktifkan kamera.
Use Personal Meeting ID (PMI) juga dapat diaktifkan. Setelah keduanya aktif ataupun tidak, klik Start a Meeting. Tunggu hingga room meeting terbuka.
Tampilan Room Meeting
Setelah masuk ke room meeting, selanjutnya kita dapat mengundang peserta meeting dengan mengklik Participants (pada bagian bawah), kemudian klik invite. Maka akan muncul pilihan berbagi link berikut.
Pilihan berbagi link undangan meeting
Anda dapat memilih salah satu cara untuk mengundang peserta meeting, misalnya dengan Pesan SMS, Messenger, Gmail, Outlook, Zoom COntacts, atau copy invite link sehingga bisa dikirim melalui aplikasi pesan yang lain, misalnya WhatsApp. Saya biasanya pakai WA, jadi saya pilih Copy Invite link, kemudian saya paste di grup atau Japri WA. Setelah itu tunggu hingga ada yang masuk room, dan peserta hanya bisa ikut rapat jika sudah di Admit oleh Host (Pembuat Meeting).

Klik Admit agar Dika dapat masuk ke Room Metting.

2. Join: berfungsi jika kita ingin mengikuti meeting dengan memasukkan Meeting ID yang diberikan pengundang.
Tampilan Menu Join
Paling atas, kita dapat memasukkan Meeting ID, kemudian tuliskan nama kita, dan audia dan videonya bisa diaktifkan langsung ataupun dapat diatur setelah masuk room.

3. Schedule: Berfungsi untuk membuat meeting yang terjadwal. 

Paling atas, kita dapat memasukkan nama Meetingnya, Misalnya Matematika Kelas 4. Kita dapat mengatur waktu meeting, baik tanggal, dan berapa lama meeting. Untuk keamanan meeting, maka perlu mengaktifkan User Personal Meetting ID dan Passcode meeting, serta enable Waiting room. Jika sudah klik Done pada pojok kanan atas. Maka akan muncul pilihan kirim undangan.  

Jika tidak muncul copy invite link, maka tekan kembali pada HPnya. Maka akan muncul seperti ini.

Maka kita sudah bisa mengirim undangan dengan mengklik Invite, copy  to Clipboard dan kirimkan linknya ke WA grup. Jika sudah pada waktu yang sudah ditentukan, maka dapat mengklik Start untuk memulai meeting. Cari Jadwal meeting di menu Meeting bagian bawah, kemudian klik Start meeting yang ingin dimulai.
Sebenarnya secara otomatis, setiap akun zoom sudah mempunyai meeting yang dapat dimulai kapanpun. Yaitu pada menu meetings yang paling atas. Meting ini mempunyai 3 menu, yaitu edit, untuk menyesuaikan aturan meeting, kemudian send invitation untuk mengundang meeting, dan start untuk memulai meeting. Hanya meeting ini tidak terjadwal. Jika ingin membuat meeting yang terjadwal, maka dapat menggunakan menu Shedule.

4. Share Screen untuk menshare layar.
5. Meet & Chat untuk bertemu sapa melalui chat dnegan kontak Zoom atau peserta rapat baik secara umum maupun personal
6. Meetings untuk melihat jadwal meeting yang telah dibuat.
7. Contacts untuk melihat semua kontak zoom
8. Setting untuk mengatir tampilan akun kita, foto, nama, dll.

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat meeting di zoom melalui HP android. Untuk versi Dekstop sebenarnya tidak jauh berbeda. Jadi untuk membuat meeting dnegan zoom sangatlah mudah. Pertama dapat langsung memulai meeting tanpa terjadwal, melalui menu New Meeting atau di Meetings. Namun jika ingin terjadwal, dapat membuat meeting melalui menu Schedule.

Semua tentu dapat disesuaikan dengan keperluan masing-masing ya! 

Sahabat juga dapat menonton video Cara Mengikuti Meeting Zoom di HP Android berikut!

Selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Post a Comment for "Cara Membuat Meeting Zoom Melalui HP Android"