Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menginput Saldo Awal Simda 2020

Untuk menginput Saldo Awal Tahun 2020 perlu mempersiapkan aplikasi Simda 2019 (unduh) dan 2020 (unduh). Jika sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut.
1. Buka aplikasi Simda 2019.
2. cari menu Laporan><SKPD><Pembukuan Akrual

3. Pilih Daftar Saldo Buku Besar><Tanggal dibiarkan><Urusan: Pilih 1><Bidang: Pilih 1><Unit/Perangkat Daerah: Pilih 1><Sub Unit: Pilih sesuai nama sekolah><Level Rekening: Pilih 5.
4. Klik Preview.

5. Hasilnya berupa Saldo Buku Besar. Saldo ini yang akan diinput pada aplikasi Simda 2020. Jadi teman-teman bisa cetak daulu ya, biar mudah mencetaknya.

6. Keluar dari aplikasi simda 2019 dan masuk ke aplikasi simda 2020 tapi ubah tahunnya menjadi 2019.

7. Pilih Menu Data Entry >< SKPD><Pembukuan><Saldo Awal.

8. Pilih 1 Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (klik 2 x)
9. Pilih nama Sekolah, maka akan muncul seperti berikut.

10. Pilih NERACA (kanan AKRUAL), maka akan muncul tampilan berikut.

Sesuaikan No. Rekening, Urain, dan Saldonya. Bila berbeda, data lama dapat diubah atau dihapus dahulu, baru ditambahkan baru.  Cara menghapus: Klik rekening yang mau dihapus. Kemudian klik hapus pada bagian bawah. Cara menambah rekening: Klik tambah, klik tanda hijau pada rekening bagian bawah, muncul menu ASET, KEWAJIBAN, AQUITAS. Klik cari, kemudian ketik atau paste kata kunci uraian rekening yang akan ditambahkan. Klik pilih. Jika muncul seperti gambar berikut. Klik OK, kemudian klik Batal.

Maka rekening yang kita cari akan muncul. Jika No rekening belum sesuai, maka pilih yang paling mendekati dengan uraian rekening yang sesuai. Pilih rekening yang sesuai dnegan klik 2 kali, kemudian masukkan saldo dan pilih debet/kredit sesuai dengan data pada Saldo Buku Besarnya. Jika sudah klik Simpan. Begitu seterusnya, hingga kode rekening 1 terinput. Untuk kode rekening 3 dibiarkan dahulu (Ekuitas dan Koreksi Ekuitas Aset Lancar). Perhatikan hasilnya.

Jika kita perhatikan, jumlah debet dengan kreditnya tidak balance. Maka perlu dibalance-kan dengan rumus:  Debet - Koreksi Ekuitas Aset Lancar. Jadi 37.979.290,16 – 72.800.000= -34.820.709,84. Masukkan hasilnya untuk mengganti saldo Ekuitas, setelah diganti, klik simpan. Maka kalau sudah benar langkah-langkahnya, maka debet dan kreditnya akan balance.

Jika sudah, klik tutup, maka akan dibawa kembali ke menu Saldo Awal Saldo Akrual. Kemudian pilih LRA dan LAK (kanan AKRUAL). Cek Saldo rekening 5 apakah sudah sesuai dengan buku besarnya.

Jika sudah klik Tutup. Maka akan dibawa kembali ke menu Saldo Awal Saldo Akrual. Kemudian pilih LO (kanan AKRUAL). Cek Saldo rekening 9, apakah sudah sesuai dengan buku besarnya atau belum. Jika sudah klik tutup. Maka Input Saldo telah selesai dan dapat keluar Aplikasi Simda.

Sekian yang dapat kami bagikan, semoga berhasil, selamat mencoba. Terima kasih.
Berbagi ilmu dari Bli Wayan Mahardika.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Post a Comment for "Cara Menginput Saldo Awal Simda 2020"