Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Peserta Diseminasi Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Menggunakan Strategi Membaca yang Menyenangkan dalam Program Ekosistem Sekolah Literat

    Room to Read dan Putera Sampoena Foundation – School Development Outreach (PSF-SDO) yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sedang melaksanakan Program Ekosistem Sekolah Literat yang melibatkan lebih dari 10.000 guru penerima manfaat dari 34 provinsi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca  dengan menggunakan beragam strategi membaca yang menyenangkan dengan memanfaatkan sebuah pelantar Literacy Cloud (literacycloud.org) yang menyediakan akses ke buku cerita anak digital berkualitas serta video kegiatan membaca yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi guru-guru dan orang tua untuk melaksanakan kegiatan membaca yang efektif bersama anak-anak, khususnya pada masa Pandemi Covid-19. 

    Dalam program ini, (PSF-SDO) melibatkan para relawan yang telah diseleksi dan mendapatkan serangkaian pelatihan dan pendampingan intensif untuk menjadi Master Trainer literasi. Relawan berperan untuk membagikan praktik terbaik penerapan kegiatan literasi yang menyenangkan menggunakan pelantar Literacy Cloud. Saya, I Wayan Ardika selaku salah satu relawan akan mengadakan kegiatan Diseminasi bagi guru SD se-Kabupaten Jembrana secara daring melalui Aplikasi Microsoft Teams (Baca Cara Mengikuti Rapat di Microsoft Teams).


    Seluruh peserta diseminasi akan mendapatkan sertifikat elektronik bertaraf Internasional (32 JP dan untuk 3 orang yang mengikuti pendampingan mendapat 40 JP) yang akan dibagikan setelah peserta diseminasi mengikuti kegiatan diseminasi. 



    Tugas yang harus dikumpulkan dalam kegiatan ini berupa Praktek Membaca Nyaring cerita yang ada di Literacy Cloud. Mungkin bapak/ibu bisa buka dulu literacycloud.org dan membaca-baca ceritanya. Adapun contoh tugasnya sebagai berikut.

    Video di atas merupakan tugas praktek saya saat mengikuti kelas Master Literasi, jadi mohon maaf bila masih kurang sempurna, nanti sama-sama kita belajar untuk yang lebih baik.

    Kegiatan ini juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana, sehingga bagi bapak/ibu yang berminat mengikuti kegiatan ini dapat mendaftar pada link berikut: 

    https://s.id/PendaftaranDiseminasiSekolahLiterat

    Pendaftaran ditutup pada tanggal 27 September 2020 pada pukul 22.59 WITA atau ditutup ketika sudah memenuhi kuota 75 orang. Nama-nama yang terdaftar akan saya laporkan ke Dinas Pendidikan untuk dibuatkan surat undangan kegiatan. 

    Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 7 Oktober 2020. Kegiatan dibagi menjadi In dan On. In selama 2 hari melalui aplikasi Teams, yaitu 1 dan 2 Oktober 2020, dan On melalui Grup WA tanggal 3 s/d 7 Oktober 2020.

    Besar harapan saya, bapak/ibu bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jika masih ada pertanyaan dapat menghubungi saya di No. WA: 085739163529. Sekian dan terima kasih.

    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    2 comments for "Pendaftaran Peserta Diseminasi Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Menggunakan Strategi Membaca yang Menyenangkan dalam Program Ekosistem Sekolah Literat"