Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Online Poliklinik RSU Negara

    Ada yang beda dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Negara di akhir tahun 2020.  Ketika mengantar istri untuk cek up kehamilan, saya telah disambut dengan gedung RS yang megah. Setelah cek suhu tubuh dan mengusap tangan dengan hand sanitizer, saya dan istri masuk ke bagian pendaftaran. Namun ketika mau mengambil nomor antrian, saya sedikit bingung melihat mesin pendaftaran yang baru dan masih asing. Karena keliatan bingung (maklum karena saya orang desa yang masih katrok, hehehe), akhirnya ada seorang petugas RS yang datang menghampiri dan menjelaskan cara untuk mengambil nomor antrian.  Kami pun Mendapat nomor 20-A. Sesaat menunggu, nomor kami pun dipanggil. 

    Di meja pendaftaran, terdapat selebaran tentang Pendaftaran online poliklinik RSU Negara. Saya pun mengambilnya. Sembari menunggu istri registrasi, saya membacanya. Isinya merupakan sebuah inovasi RSU Negara terhadap pelayanan pasien. Tentu pendaftaran online ini akan sangat memudahkan pasien untuk mendaftar tanpa harus mengantri.

    Daftar online RSU negara

    Menurut saya, inovasi ini sangat bagus. Untuk itu, saya ingin berbagi kepada sahabat semua tentang pendaftaran online poliklinik RSU Negara.

    Pendaftaran online poliklinik RSU Negara merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh RSU Negara untuk meningkatkan pelayanan khususnya registrasi pasien poliklinik di RSU Negara secara online dengan menggunakan aplikasi HiDok. Cara menginstal aplikasi HiDok juga cukup mudah.  Sahabat cukup membuka aplikasi playstore yang ada di HP androidnya (klik disini). Kemudian cari aplikasi HiDok lalu pilih dan isntal. Setelah terinstal, lalu login menggunakan akun googlenya. Maka aplikasi siap digunakan untuk pendaftaran online dalam jangka waktu 1-3 hari sebelum kunjungan.

    Sebelum melakukan pendaftaran online, perlu mempersiapkan beberapa dokumen, seperti KTP/KK, Kartu BPJS, dan surat rujukan bagi yang menggunakan BPJS.

    Setelah semua dokumen siap, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran online. Langkah-langkah pendaftaran online poliklinik RSU negara bagi pasien BPJS, yaitu:

    1. Buka aplikasi HiDok
    2. Pilih BPJS
    3. Ketikan RSU Negara pada kolom pencarian RS
    4. Masukkan nomor rujukan BPJS
    5. Pilih tanggal berobat
    6. Pilih dokter atau poli yang dituju
    7. Pilih jam berobat
    8. Klik daftar
    9. Pendaftaran selesai

    Langkah-langkah pendaftaran online poliklinik RSU negara bagi pasien umum atau non BPJS, yaitu:

    1. Buka aplikasi HiDok
    2. Pilih non BPJS
    3. Ketikan RSU Negara pada kolom pencarian RS
    4. Pilih spesialisasi atau poli yang dituju
    5. Pilih tanggal berobat
    6. Pilih dokter atau poli yang dituju
    7. Pilih jam berobat
    8. Jawab pertanyaan, Apakah pernah berobat ke RSU Negara? Jika pernah, masukan No. KTP/No. Rekam medis pasien dan masukkan tanggal lahir pasien. Namun jika belum pernah, masukkan nama, tanggal lahir, alamat, dan no. HP pasien.
    9. Klik daftar
    10. Pendaftaran selesai

    Setelah berhasil mendaftar online, maka akan mendapatkan Kode QR pada aplikasi HiDok. Kode QR ini kemudian dibawa pada saat berobat ke rumah sakit. Kode QR di scan pada mesin Kios-K di poliklinik RSau Negara. Kemudian verifikasi surat rujukan maupun informasi pasien baru di loket C dan Admisi. Setelah selesai,  pasien menuju poli yang dituju. 

    Syarat dan Ketentuan

    • Jika pasien tidak bisa datang atau terlambat, dapat menghubungi call center WA RSU Negara (08113971006)
    • Jika pendaftaran sudah penuh, maka akan dialihkan ke hari berikutnya
    • Jika terlambat melakukan verifikasi kedatangan, maka akan dipanggil setelah dua nomor antrian berjalan.
    Demikian yang dapat kami bagikan tentang pendaftaran online poliklinik RSU Negara. Semoga bermanfaat.
    Salam.

    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Pendaftaran Online Poliklinik RSU Negara"