Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Privacy Policy Blog

Pengertian Privacy Policy

Privacy Policy merupakan salah satu menu wajib yang harus dimiliki oleh sebuah blog agar bisa dimonetisasi oleh Adsendse. Privacy Policy berfungsi untuk menginformasikan bagaiamana sebuah blog mengelola informasi para pengunjungnya. Intinya, memberitahukan informasi apa yang diambil dan untuk keperluan apa informasi tersebut.

Contoh informasi yang biasanya diambil adalah nama, tanggal lahir, email, nomor Handphone, dan informasi lainnya yang bersifat pribadi. Informasi tersebut diambil saat pengunjung berada di blog sahabat atau saat pengunjung mengikuti blog.

Halaman Privacy Policy dapat menjadi keterbukaan informasi antara pengunjung dan pemilik blog. Hal ini tentu akan menambah kepercayaan pengunjung terhadap blog. Dengan demikian, pengunjung akan merasa aman ketika berkunjung ke blog kita.

Manfaat Privacy Policy

Setidaknya ada 3 manfaat halaman privacy policy, yaitu:

  1. Blog menjadi lebih terpercaya, sehingga pengunjung nyaman berselancar di blog kita.
  2. Mematuhi Hukum yang berlaku
  3. Salah satu syarat layanan pihak ketiga, seperti Google Adsendse, dan Google Adwords.

Cara Membuat Privacy Policy

Ada 2 cara untuk membuat privacy policy, yaitu:

1. Membuat Privacy Policy dengan Generator.

Saat ini belum ada generator untuk membuat Privacy Policy yang berbahasa Indonesia. Namun jika blog sahabat memang berbahasa Inggris, tentu hal ini sangat bagus, karena tidak perlu lagi untuk menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Adapun langkah-langkah membuat Privacy Policy dengan Generator, yaitu:

  • Akses laman: https://www.privacypolicyonline.com, lalu klik Free Generators, kemudian pilih Privacy Policy Generator.

Privacy Policy
  • Masukkan nama blog dan Url-nya. Kemudian klik next.
Privacy Policy

  • Jawab 3 pertanyaan yang diberikan, yaitu tentang Cookies, Google Adsendse, dan pihak ketiga. Jawaban sesuai dengan keadaan blog sahabat. Semua jawaban akan mempengaruhi setingan privacy Policy yang dibuat. setelah itu pilih Negara dan Kota. Jika sudah klik next.

Cara membuat Privacy Policy
  • Masukkan email lalu klik Create Privacy Policy.
Cara membuat privacy policy
  • Maka akan muncul tampilan preview Privacy Policy di bagian kanan dan tampilan Html-nya di bagian kiri. Selanjutnya kita hanya tinggal klik Copy to Clipboard untuk di paste ke halaman blog kita.

2. Membuat Privacy Policy Sendiri

Sahabat juga dapat membuat Privacy Policy secara mandiri dengan bahasa Indonesia. Adapun contohnya dapat diunduh disini.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang cara membuat Privacy Policy untuk blog, semoga bermanfaat. mari bersama kita share kepada sahabat yang lain. Terima kasih.

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Post a Comment for "Cara Membuat Privacy Policy Blog"