Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Mengajar di Mana Saja dengan Akun Pembelajaran

Pandemi Covid-19 memaksa guru dan siswa harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).PJJ dapat dilakukan guru secara luring, daring, atau kombinasi keduanya. Guru dapat memilih cara yang diterapkan di kelasnya yang disesuaikan dengan kondisi siswa masing-masing.

Dalam penerapannya, tak jarang guru dan siswa mengalami beragam masalah. Salah satunya adalah guru kesulitan dalam mengelola pembelajaran daring. Untuk itu Kemdikbud bersama Google menghadirkan akun Pembelajaran (@belajar.id). Semua pendidik dan tenaga pendidikan di SD hingga SMA telah dibuatkan akun pembelajaran. Termasuk juga siswa kelas 5, 6 SD, siswa SMP, dan SMA/K. 

Namun demikian, masih banyak guru yang belum memanfaatkan akun belajar dengan optimal. Untuk itu, Refo Indonesia melalui Program Google Master Trainer hadir untuk membantu guru memahami akun belajar, sehingga dapat optimal dalam mendukung pembelajaran daring. Para Trainer telah dibekali dengan materi tentang akun belajar dan siap diterjunkan untuk melaksanakan pelatihan Mengajar di Mana saja dengan akun pembelajaran.  Khusus di Kabupaten Jembrana terdapat 6 Trainer yang siap berbagi tentang pemanfaatan akun pembelajaran.

Selain itu, PGRI Kabupaten Jembrana dan Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana juga sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan Pengurus PGRI membantu dalam memfasilitasi kegiatan ini. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana pun bersedia untuk membuka acara nanti secara resmi. Walaupun demikian, Pelatihan ini tidak hanya fokus kepada guru yang ada di Kabupaten Jembrana saja, tetapi terbuka untuk seluruh guru yang telah mempunyai akun pembelajar @belajar.id. 

belajar dimana saja

Apabila belum memiliki akun pembelajaran, dapat menghubungi operator sekolah masing-masing. Berikut tutorial cara unduh akun pembelajaran:

Setelah menerima akun pembelajaran, pastikan untuk diaktifkan terlebih dahulu. Aktivasi dapat dilakukan melalui laptop dan Smartphone. Berikut Video Tutorialnya:

Aktivasi Akun Pembelajaran dengan Laptop

Aktivasi Akun Pembelajaran dengan Smartphone

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 Juli 2021 secara daring melalui Channel Youtube PGRI Kab. Jembrana. Pendaftaran ditutup tanggal 19 Juli 2021 pukul 23.58 WITAMari tetap produktif walau masih dalam suasana Work from Home dengan ikut pelatihan ini. Banyak manfaat yang akan diperoleh, diantara:

  1. Menambah pengetahuan tentang pemanfaatan akun pembelajaran 
  2. menambah pengetahuan tentang cara mengelola pembelajaran daring
  3. Menambah pengalaman dalam mengikuti pelatihan daring
  4. Memperoleh sertifikat yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat bagi PNS dan portofolio PPG bagi yang belum PPG

Ayo segera daftar sebelum ditutup melalui link:https://bit.ly/gwejembrana. Bila ada pertanyaan, silahkan hubungi saya di No. WA: 085739163529 (Wyn Ardika).

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Post a Comment for "Pelatihan Mengajar di Mana Saja dengan Akun Pembelajaran"