Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

Satuan Pendidikan : SDN 3 Baluk

Kelas/Semester : II/II

Tema : 5. Pengalamanku

Subtema : 1. Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran ke- : 2

Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan memperhatikan beberapa gambar gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan 3 variasi gerakan dengan tangan dalam aktivitas senam lantai
  2. Dengan memilih beberapa gambar yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan 3 contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.
  3. Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik.
  4. Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan 1 contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan dengan benar.
  5. Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik
  6. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

B. Kegiatan Pembelajaran

1. Pembukaan

  • Guru memberi salam
  • Guru mengecek kehadiran siswa
  • Guru mengajak siswa untuk menyiapkan buku dan alat tulisnya
  • Guru bersama siswa berdoa bersama
  • Siswa memperhatikan gambar kegiatan Ayah dan Beni pada buku siswa halaman 13
  • Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar tersebut. (Apa yang ayah lakukan pada gambar?
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

  • Siswa memperhatikan beberapa gambar gerakan bertumpu dengan tangan pada buku siswa halaman 14
  • Siswa membuat pertanyaan terkait gambar
  • Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan cara melakukan gerakan bertumpu dengan tangan sesuai gambar
  • Perwakilan siswa mempresentasikan hasil kerjanya
  • Siswa berdiskusi kelompok untuk memilih dan menuliskan 3 gambar yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.
  • Siswa mempresentasikan hasil kerjanya
  • Siswa menuliskan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila.
  • Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila di depan kelas.
  • Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan ayahnya
  • Siswa membuat pertanyaan tentang isi teks percakapan
  • Siswa berdiskusi dalam kelompok menemukan 1 contoh ungkapan permintaan maaf yang ada pada teks.
  • Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf
  • Perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya

3. Penutup

  • Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  • Guru memberikan evaluasi
  • Guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa

C. Penilaian

1. Sikap spiritual dan Sosial: jurnal sikap
2. Pengetahuan:
  • Jelaskan cara melakukan gerakan bertumpu dengan tangan berikut!
  • Sebutkan 3 contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila!
  • Sebutkan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia!
3. Keterampilan: Unjuk Kerja
  • Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah!
  • Praktekkan penggunaan ungkapan maaf dengan santun!
Demikian RPP yang coba saya rancang, tentu masih jauh dari sempurna. Untuk itu, jika ada masukan dapat dierikan di kolom komentar.

Jika sahabat ingin memodifikasi RPP ini, dapat diunduh disini.


Terima kasih.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Post a Comment for "RPP Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2"