Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pretes dan Ujian Akhir PPG Sekolah Dasar

    Contoh Soal PPG SD

    Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana sebagai persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. 

    PPG diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. PPG berlaku bagi yang ingin menjadi guru baik sarjana dari fakultas pendidikan, maupun non pendidikan.

    Berdasarkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 pasal 4 bahwa, syarat untuk menjadi peserta program PPG harus memenuhi persyaratan sebagai berikuʈː

    Memiliki kualifikasi akademik saijana (S-1) atau diploma empat (D-IV);Guru dalam Jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapatkan tugas mengajar yang sudah diangkat sampai dengan akhir tahun 2015; Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); dan Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    PPG dapat diikuti oleh Sarjana lulusan kependidikan dan Sarjana non kependidikan. Meskipun aksesnya dibuka setara dengan lulusan Kependidikan, sarjana non kependidikan wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi dulu sebelum menjalani PPG. Sedangkan untuk sarjana kependidikan yang linier atau sesuai dengan mata pelajaran yang akan diampu, tidak perlu mengikuti program matrikulasi itu. Khusus untuk sarjana yang akan mengajar di jenjang SMP dan SMA/sederajat, tidak ada perlakukan berbeda bagi lulusan kependidikan maupun non kependidikan ketika mengikuti PPG. Mereka diwajibkan untuk mengikuti PPG dengan bobot atau beban belajar sebanyak 36 hingga 40 SKS.

    Untuk lulus PPG, tentu harus mempersiapkan diri, sehingg bisa lulus tes. Berikut beberapa contoh soal Ujian Akhir program PPG Sekolah Dasar yang pernah saya ikuti, semoga bermanfaat.

    Unduh Contoh Soal PPG

    Sebelum ikut PPG, calon peserta harus ikut seleksi akademik. Untuk itu diperlukan persiapan yang matang juga. Jenis soalnya tidak akan jauh berbeda dengan soal UTN. Berikut saya bagikan soal PPG yang dapat digunakan untuk latihan selain soal di atas.

    Unduh Soal PPG 2

    Demikian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
    Salam Literasi.

    Post a Comment for "Contoh Soal Pretes dan Ujian Akhir PPG Sekolah Dasar"