Strategi menjadi Juara Guru Berprestasi By I Gusti Lanang Gede Putra Astawa

I Wayan Ardika 8:25 AM
I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, siapa yang tak kenal dengan beliau. Pria yang bertugas di SDN 1 Semarapura Tengah ini merupakan Juara III Guru SD Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018. Sebelumnya, pada tahun yang sama beliau juga menjadi Juara II kategori MIPA dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional. Beliau juga telah menerbitkan 7 buku yang sudah Ber-ISBN. Masih banyak lagi inovasi dan karya yang telah beliau buat. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pendukung beliau menjadi juara.

Disela-sela Sosialisasi dan Uji Publik Regulasi Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, di Hotel Swiss-Belresort, Pecatu, Kuta Selatan, Bali, saya menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan beliau yang sangat luar biasa. Beliau menceritakan kisah perjalanannya hingga menjadi Juara III Nasional. Beliau sudah mencoba ikut seleksi guru berprestasi mulai tahun 2016, namun hanya dapat juara II tingkat kabupaten. Tahun 2017 beliau ikut lagi, namun hasilnya masih sama yaitu juara II tingkat kabupaten. Baru akhirnya pada tahun 2018 berhasil memperoleh juara I tingkat kabupaten dan berhak maju ke tingkat provinsi. 

I gusti Lanang Gede Putra Astawa
I Gusti Lanang Gede Putra Astawa dan I Wayan Ardika (Penulis)
Di tingkat provinsi tentu tidak mudah, karena harus bersaing dengang juara-juara dari kabupaten lain yang ada di Bali. Namun tekad beliau sudah bulat untuk melakukan yang terbaik. Berbekal pengalaman 2 kali menjadi juara II tingkat kabupaten dan dengan persiapan yang matang, akhirnya bisa menjadi juara I tingkat provinsi dan menjadi wakil Bali di Nasional.

Di tingkat nasional tentu persaingan semakin ketat, karena harus bersaing dengan wakil dari 33 Provinsi lainnya. Apalagi banyak yang sudah ia kenal dan mempunyai banyak karya dan prestasi di tingkat nasional. Namun dengan keyakinan dan kerja keras, akhirnya beliau mampu meraih Juara III Guru SD Berprestasi Tingkat Nasional 2018. Hal ini tentu sangat membanggakan Bali. 

Saat ditanya tips atau strategi agar bisa menjadi Juara Guru Berprestasi Tingkat Nasional, beliau memberikan tips berikut.
  1. ikuti juknis yang ditetapkan
  2. tidak ada yang instan, semua butuh proses, jadi kalau ingin juara persiapkan sejak dini sesuai dengan juknis
  3. lengkapi portofolio agar merata di setiap bidang, misalnya karya tulis, pengalaman organisasi, media pembelajaran, HAKI, dll.
I Gusti Lanang Gede Putra Astawa
I Gusti Lanang Gede Putra Astawa ketika Memperoleh Penghargaan Juara III Guru SD Berprestasi Tingkal Nasional 2018
Selamat atas prestasi bapak I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, semoga kedepan semakin sukses dan mampu menularkan ke guru-guru yang ada di Bali.

Pecatu, 9 November 2019

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »